Kamis, Mei 05, 2011

Install Skype Pada Ubuntu

Gara-gara iri melihat rekan-rekan di KPLI Bogor ngobrol dan bertelepon ria, akhirnya saya pun terpengaruh ikut-ikutan memasang Skype pada laptop. Padahal kalau boleh dibilang, saya bukan orang yang senang dengan yang namanya instant messaging. Namun berhubung penasaran, akhirnya saya pasang juga.

Bagi anda pengguna Ubuntu, memasang Linux sangatlah mudah. Mengapa saya katakan mudah? Karena anda bisa langsung memasangnya melalui Synaptic Packet Manager. Eits, tunggu dulu. Agasr bisa langsung memasang Skype melalui Synaptic, anda harus melakuka beberapa langah pendahuluan. Apakah itu? Ini dia langkah-langkahnya.

1. Hidupkan laptop / komputer anda
2. Pastikan laptop / komputer anda tersambung ke jaringan internet

Setelah melakukan langkah di atas, langkah selanjutnya adalah menambah repositori untuk Ubuntu Partner. Bagi anda yang telah menambahkan Ubuntu Partner, anda bisa melewati langkah ini. Tapi bagi anda yang belum, silakan tambahkan baris berikut. Bagi anda yang menggunakan Ubuntu dengan versi yang berbeda, silakan sesuaikan dengan yang anda gunakan.

deb http://kambing.ui.ac.id/ubuntu-partner lucid partner

Setelah menambahkan Ubuntu Partner pada repositori, silakan update basis data repositori.

fitra@rabitya:~$ sudo aptitude update

Kamudian, langkah selanjutnya adalah memasang Skype pada Ubuntu yang kita gunakan.

fitra@rabitya:~$ sudo aptitude install skype

Yup, selesai! Berarti sudah bisa digunakan dong? Tentu saja belum. Lho, koq? Kita harus memiliki akun Skype untuk menggunakannya. Caranya? Anda cukup mendaftarkan diri anda di situs Skype. Kalau sudah punya akunnya, baru anda bisa menggunakan Skype dengan leluasa.

Nah, sudah siap untuk ber-Skype ria? Jangan lupa tambahkan akun Skype saya (fitraaditya) pada daftar kenalan anda ya... :)

1 komentar: