Sabtu, April 30, 2011

Panada: PHP Web Framework Asli Indonesia

Bagi anda penggemar PHP, mungkin sudah tidak asing lagi dengan framework PHP. Misalnya CodeIgniter, CakePHP, ataupun yang Zand Framework. Tapi tahukah anda bahwa di Indonesia ada seseorang yang membuat framework PHP serupa? Panada, itulah nama frameworknya.

Dikembangkan dengan PHP 5.3, Panada kini telah dirilis dalam versi 0.3 RC 1. Beberapa keunggulan yang ditawarkan Panada di antaranya, open source, ringan, dan cepat. Dukungan untuk berbagai jenis DBMS lumayan banyak. Mulai dari MySQL, PostgreSQl, hingga MongoDB. Cara penggunaannya pun mudah. Bagi anda yang sudah terbiasa dengan framework PHP, saya yakin anda tidak akan menemukan kesulitan ketika menggunakan Panada. Saat ini Panada telah digunakan pada situs Kompasiana.

Satu-satunya kekurangan yang mungkin bisa menjadi perhatian adalah masalah dokumentasi. Ya, sayangnya dokumentasi Panada tidak selengkap CodeIgniter maupun CakePHP. Namun melihat dari umurnya yang masiih terbilang muda, dokumentasi yang disediakan sudah cukup merepresentasikan.

Jika anda  tertari untuk menggunakan dan mempelajari Panada, silakan kunjungi situs resminya. Di sana anda akan menemukan tautan unduhan serta dokumentasi penggunaannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar